Sale!

Alat Pembersih Lantai

Vacuum Cleaner

Pure One Station 5

Original price was: Rp6.700.000.Current price is: Rp5.590.000.

744 sold

Sale!

Alat Pembersih Lantai

Vacuum Cleaner

A30S Pet

Original price was: Rp4.000.000.Current price is: Rp3.490.000.

1RB sold

Sale!

Vacuum Cleaner

Vacuum Cleaner

Pure One Air Cordless

Original price was: Rp4.400.000.Current price is: Rp4.040.000.

453 sold

Sale!

Alat Pembersih Lantai

Hand Stick Vacuum

Pure One MINI S4

Original price was: Rp2.600.000.Current price is: Rp1.590.000.

1,5RB sold

Sama seperti uang, waktu sangat berharga dan terbatas. Terkadang, demi mendapatkan uang yang banyak, orang-orang tidak mampu menyeimbangkan tanggung jawab pekerjaan dengan aspek lain dalam kehidupannya atau gagal mencapai work-life balance. Kunci agar keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan dapat tercapai adalah pandai mengatur waktu.

Cara Mengatur Waktu

Mengatur waktu melibatkan kemampuan untuk menentukan prioritas, perencanaan yang rinci, dan disiplin. Manfaat manajemen waktu sangat banyak, mulai dari meminimalisir stres, meningkatkan produktivitas, dan tentunya bisa mencapai work-life balance. Berikut ini cara mengatur waktu dengan baik bagi para pekerja agar dapat mencapai work-life balance.

Buat Jadwal Harian

cara mengatur waktu dengan membuat jadwal harian
Ilustrasi Membuat Jadwal Harian | Gambar: Pexels.com/@mutecevvil

Rencana atau jadwal harus dibuat agar waktu bisa terbagi dengan baik. Catat rencana yang akan Anda lakukan keesokan harinya, setiap malam sekitar 30 menit sebelum tidur. Tulis apa saja yang akan Anda lakukan sejak bangun hingga menjelang tidur kembali di malam hari. Dengan demikian, ketika bangun di pagi hari, Anda tidak perlu bingung lagi apa yang lebih dulu harus dilakukan.

Buat Daftar Prioritas

Perlu diingat bahwa tidak semua hal yang Anda rencanakan bisa terselesaikan dalam satu hari. Oleh karena itu, langkah manajemen waktu selanjutnya adalah menentukan prioritas. Lihat kembali rencana Anda kemudian tentukan mana yang penting dan mendesak, penting tapi tidak mendesak, mendesak tapi tidak penting, serta tidak mendesak dan tidak penting. Menentukan skala prioritas sangat penting bagi para pekerja kantoran, yang memiliki prioritas berbeda di hari kerja dan di akhir pekan.

Tidur dan Bangun Sesuai Jadwal

cara mengatur waktu dengan mengawali hari sesuai jadwal
Ilustrasi Mengawali Hari | Gambar: Pexels.com/@thngocbich

Berbagai riset menunjukkan, banyak dampak buruk yang mengintai seiring berkurangnya waktu tidur di malam hari. Sebaliknya, tidur yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi, daya ingat, serta membangun suasana hati yang baik untuk menjalani hari. Oleh sebab itu, penuhi jam tidur yang ideal untuk orang dewasa, yakni selama 7-9 jam setiap malam dari pukul 21.00 hingga 5.00 pagi. Tidur dan bangun sesuai jadwal agar rencana harian Anda berjalan dengan baik.

Ketahui Tips Memasak Lebih Cepat

Ketahui tips memasak lebih cepat agar waktu Anda tidak habis di dapur atau tersita untuk memikirkan menu makanan sehari-hari. Caranya, buat daftar menu dan belanja untuk satu minggu, lakukan meal prep, dan buat bumbu dasar. Dengan cara tersebut, Anda akan terkejut berapa banyak waktu yang bisa dihemat dan digunakan untuk melakukan aktivitas penting lainnya.

Persingkat Waktu Membersihkan Rumah

cara mengatur waktu dengan membersihkan rumah menggunakan Vacuum Cleaner Tineco Pure One Station 5
Vacuum Cleaner Tineco Pure One Station 5

Membersihkan rumah adalah kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja meski Anda disibukkan dengan pekerjaan di kantor. Solusinya, Anda bisa mempersingkat waktu membersihkan rumah dengan berinvestasi pada vacuum cleaner yang multifungsi. Pilihlah alat penyedot debu multifungsi yang memiliki kemampuan mengepel dan dilengkapi sikat celah, untuk meringankan tugas membersihkan rumah. Dengan demikian, Anda tetap bisa menjaga kebersihan seluruh permukaan rumah meski tidak punya banyak waktu di hari kerja.

Jangan Menunda Pekerjaan

Ada banyak alasan yang membuat orang melakukan prokrastinasi atau menunda menyelesaikan pekerjaan. Meski pekerjaan di kantor terasa sangat berat dan tidak menyenangkan, jangan menunda menyelesaikannya secara sengaja. Paksa diri untuk memecah tugas besar menjadi tugas yang lebih kecil agar tidak terasa terlalu berat. Selain itu, ingat dampak prokrastinasi yang akan menghancurkan tercapainya work-life balance.

Baca Juga! 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik untuk Rumah

Hindari Menerima Pekerjaan di Luar Jam Kerja

cara mengatur waktu dengan tidak bekerja di luar jam kerja
Ilustrasi Bekerja di Luar Jam Kantor | Gambar: Pexels.com/@energepic-com-27411

Meski pekerjaan sudah selesai, tidak jarang waktu di rumah diganggu oleh para atasan dan bos yang tetap menghubungi di luar jam kerja. Apabila hal itu terjadi, belajarlah untuk berkata tidak dan tolak permintaan atasan dengan halus, tetapi tegas. Tidak ada yang salah dari menolak permintaan atasan di luar jam kerja, sehingga Anda tidak perlu takut atau mencari-cari alasan.

Maksimalkan Waktu Istirahat

Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki manajemen waktu adalah dengan mengambil jeda istirahat. Meski masih banyak yang harus dilakukan, otak memerlukan waktu beristirahat dan mengisi ulang tenaga. Jadwalkan waktu istirahat di sela-sela rutinitas agar tugas sehari-hari bisa terselesaikan dengan baik.

Gunakan Aplikasi

cara mengatur waktu dengan bantuan aplikasi
Ilustrasi Aplikasi Daily Planner pada Smartphone | Gambar: Pexels.com/@freestocks

Apabila Anda kesulitan untuk menepati waktu menyelesaikan tugas harian, pasang aplikasi perencanaan harian atau daily planner pada smartphone. Aplikasi tersebut dirancang untuk membantu Anda agar tetap terorganisir dan memastikan tidak ada tugas yang terlewat. Selain memberikan pengingat, beberapa aplikasi bahkan bisa memperkirakan waktu yang optimal untuk menangani tugas tertentu.

Tetapkan Jadwal Berolahraga

Cara mengatur waktu dengan baik adalah memberikan ruang untuk berolahraga. Tekanan pekerjaan sering kali membuat banyak orang melewatkan waktu berolahraga. Padahal, olahraga juga tidak harus dengan kegiatan yang berat, tetapi yang penting memiliki rutinitas yang realistis untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Itulah cara mengatur waktu dengan baik bagi para pekerja agar dapat mencapai work-life balance. Apabila ingin kegiatan membersihkan rumah tetap teratasi dengan efektif dan efisien di tengah padatnya aktivitas sehari-hari, Anda bisa membeli vacuum cleaner Tineco di Website. Dapatkan jaminan produk asli, harga promo dan kemudahan pembayaran.

This will close in 0 seconds